2009-02-02

Bagaimana mencari kampus-kampus di luar negeri?

pengalaman seorang teman di yahoogroups :

Teman-teman laskar beasiswa,

Info singkat ini saya tuliskan buat rekan-rekan yang kesulitan mencari
kampus di luar negeri. Mungkin ini bagi pemula, tapi saya pernah
mengalami dan bisa memahami kesulitan rekan-rekan sekalian.

Saya juga pernah mengalami kesulitan mencari informasi kampus-kampus
di luar negeri. Dulu yang saya lakukan adalah ke perpustakaan kampus
dan mencari brosur-brosur atau booklet yang di dalamnya terdapat info
tentang jurusan-jurusan.

Selain itu, saya juga mengunjungi pameran-pameran pendidikan luar
negeri yang diadakan di kota-kota terdekat. Sekarang sepertinya
informasi pendidikan luar negeri semakin mudah di dapat.

Bisa juga dengan mengirimkan email ke kedutaan negara-negara tertentu
dan minta informasi ke mereka. Biasanya mereka akan ramah dan senang
membantu. Tapi ingat, emailnya harus sopan dan identitas anda harus
jelas. Saya pernah mendapat satu paket lengkap informasi tentang
pendidikan di jerman berikut informasi beasiswa DAAD dari kedutaan
Jerman.


Nah, yang terakhir, tapi yang menurut saya paling gampang, paling
cepat dan terpercaya adalah lewat INTERNET. Catat, INTERNET. Anda
pasti tahu internet bukan? Kalau tidak tahu, anda tidak akan terdampar
ke blog ini.

Untuk mencari kampus-kampus yang anda minati, di negara-negara
tertentu, silakan ketik kata-kata kunci berikut di mesin pencari:

[nama negara] [universities] [wiki]

nama negara adalah nama negara yang anda tuju. kata kunci yang lain
tulis saja seperti itu.

sebagai contoh, jika anda masukkan kata-kata kunci berikut di google:

Australia Universities Wiki

Di baris pertama, anda akan mendapat informasi List of Universities in
Australia. Nah, selamat. Sekarang anda sudah menggenggam informasi
tentang kampus-kampus yang ada di Australia.

Cara yang sama juga bisa anda lakukan untuk mencari kampus-kampus di
Belanda. Masukkan kata-kata kunci berikut di google:

Netherlands Universities Wikipedia

Anda akan mendapat informasi tentang nama kampus-kampus di Belanda di
bagian List of Universities in Netherlands.

No comments:

Post a Comment